Panen kangkung berlimpah, mahasiswa dan dosen dari Fakultas Pertanian UIM Al-Gazali berfoto bersama di lahan kebun fakultas dalam kegiatan rutin Sabtu Bertani

Waktu panen telah tiba, dosen dan mahasiswa tampak antusias memanen kangkung yang sudah dibudidayakan selama kurang lebih satu bulan di kebun Fakultas Pertanian UIM Al-Gazali dalam kegiatan rutin Sabtu Bertani (16/12/2023). “Kegiatan Sabtu Bertani dilaksanakan tiap tahun sebagai bagian dari Ko-kurikuler mahasiswa,” kata Eka Lestari, S.P., M.P. yang merupakan Ketua Program Studi Agroteknologi di sela kegiatan. Beliau menambahakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan mahasiswa mengenai kegiatan-kegiatan bertani secara langsung di lahan yang tadinya hanya dipelajari di ruang-ruang perkuliahan serta mendorong mahasiswa untuk lebih dekat dengan alam khususnya di bidang pertanian.

Mahasiswa dari berbagai angkatan bersama-sama dengan didampingi asisten serta dosen melakukan tahapan budidaya pertanian mulai dari persiapan benih, mengolah tanah, memupuk, menanam benih, melakukan penyiraman rutin, menyiangi gulma, melakukan penyulaman terhadap tanaman yang mati, menjarangi tanaman, mengendalikan hama dan penyakit, sampai panen.  Tidak hanya kangkung, berbagai jenis tanaman hortikultura telah dipetik hasilnya seperti selada hidroponik, cabai, terong, paria, bayam, jagung, jahe, dan masih banyak lagi. Hasil panen tersebut menjadi modal untuk mahasiswa berwirausaha tani dengan cara menjual ke civitas UIM Al-Gazali dan bahkan bisa dikembangkan menjadi bisnis online hortikultura. Mahasiswa sangat senang dengan kegiatan ini karena dapat memberikan banyak manfaat kepada mereka serta menjaga keharmonisan keluarga Fakultas Pertanian UIM Al-Gazali. (da)

1 Comment

  1. Suardi Bakri on December 16, 2023 at 10:46 am

    Mantap mentong Pertanian. Pertanian hebat,

Leave a Comment