Makassar, 28 November 2023 – Fakultas Pertanian Universitas Islam Makassar (UIM) tengah memasuki musim midtest pada pertemuan ke-8 semester ini. Para mahasiswa Fakultas Pertanian sedang sibuk menghadapi ujian tengah semester setelah melewati sejumlah materi penting. Salah satu mata kuliah yang tengah diuji adalah Ilmu Gulma dan Pengendaliannya.

Ilmu Gulma dan Pengendaliannya menjadi fokus utama pada pertemuan ke-8 ini. Mahasiswa diajak untuk memahami dan menguasai berbagai konsep terkait tumbuhan pengganggu pertanian serta metode pengendaliannya. Dosen pengampu menjelaskan pentingnya ilmu ini dalam menjaga produktivitas tanaman dan mendukung keberhasilan sektor pertanian.

Tak hanya itu, hubungan serangga dengan tanaman juga menjadi bahasan menarik dalam midtest kali ini. Mahasiswa diajak untuk memahami peran serangga dalam ekosistem pertanian, baik sebagai penyerbuk maupun sebagai hama. Dosen memberikan penekanan pada pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem untuk mendukung pertumbuhan tanaman secara alami.

Metode Ilmiah juga menjadi sorotan utama. Mahasiswa diajak untuk memahami dan menerapkan metode ilmiah dalam penelitian dan pengembangan di bidang pertanian. Pentingnya pendekatan sistematik dan analitis dalam menyelesaikan permasalahan menjadi fokus utama pada ujian ini.

Sementara itu, mata kuliah Ekonomi Produksi dan Aswaja 1 juga menjadi bagian dari ujian tengah semester ini. Dosen menjelaskan secara rinci konsep-konsep ekonomi dalam konteks pertanian dan nilai-nilai dalam Aswaja yang dapat menjadi landasan moral bagi praktisi pertanian.

Dari data yang diperoleh, sekitar 85% mahasiswa Fakultas Pertanian UIM telah mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) untuk mata kuliah ini. Metodenya beragam, termasuk ujian lisan langsung dengan dosen, ujian tertulis di dalam ruangan, dan pengumpulan tugas individu.

Para mahasiswa menilai bahwa ujian tengah semester ini menjadi tantangan yang baik untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi yang telah dipelajari. Meskipun tengah berada dalam atmosfer ujian yang tegang, semangat untuk meraih keberhasilan akademis tetap tinggi di kalangan mahasiswa Fakultas Pertanian UIM. Semoga hasil ujian ini mencerminkan dedikasi dan usaha keras mereka selama ini dalam menimba ilmu di bidang pertanian.

Leave a Comment